Kompas.com - 16/11/2013, 21:35 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto menilai penyadapan yang dilakukan antarnegara adalah hal yang wajar.

Untuk itu, dia menyarankan sebaiknya pihak-pihak yang takut disadap jangan membahas hal yang rahasia dalam pembicaraan di telepon.

"Penyadapan sudah jadi hal yang umum. Kalau rahasia, jangan bicara di telepon," ujar Prabowo di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (16/11/2013).

Menurut mantan Komandan Jenderal Korps Pasukan Khusus (Kopassus) ini, tidak ada yang dapat dilakukan pihak Indonesia terkait dugaan penyadapan oleh Australia dan Amerika Serikat.

Penyadapan, katanya, tidak dapat dihindari. Menurutnya, pemerintah sudah cukup tegas menanggapi upaya penyadapan.

"Pemerintah, saya kira, sudah cukup tegas. Memang kita mau melakukan apa? Dia kan menyadap dari satelit, terus kita mau ngapain," kata Prabowo.

Diberitakan sebelumnya, badan intelijen AS diketahui menyadap komunikasi negara-negara sekutu mereka di Eropa. AS juga disebut menyadap komunikasi pemerintah Indonesia. Australia juga diberitakan melakukan hal yang sama terhadap Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.