Kompas.com - 10/11/2013, 10:20 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat bertemu peserta program pendidikan Lemhanas KOMPAS.COM/Sandro GatraPresiden Susilo Bambang Yudhoyono saat bertemu peserta program pendidikan Lemhanas
|
EditorGlori K. Wadrianto
JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan jajarannya untuk memulangkan ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) overstayer yang telantar di Arab Saudi.

Perintah itu disampaikan Presiden saat menggelar rapat bersama sejumlah menteri di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11/2013).

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, Presiden telah menerima laporan terkait data dan informasi terkini para TKI overstayer di Arab Saudi dari Menteri Luar Negeri, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, dan Menteri Polhukam.

Secara langsung, kata Julian, para menteri tersebut diminta berkoordinasi agar secepatnya dapat memulangkan para TKI. "Langkah-langkahnya tentu secara continue memulangkan mereka TKI overstay. Koordinasi sudah berlanjut di bawah Menlu, Menkokesra, dan Menkopolhukam," kata Julian, saat ditemui setelah rapat di TMP Kalibata.

Saat ini, masih ada ribuan TKI overstayer yang bertahan di Arab Saudi. Tak sedikit dari mereka yang telantar dan terancam razia karena kurang diperhatikan oleh Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia.

Ribuan TKI overstayer itu belum mendapatkan amnesti atau proses pemutihan. Padahal Pemerintah Arab Saudi mengakhiri proses pemutihan pada 4 November lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.