Kompas.com - 17/10/2013, 17:49 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi memindahkan tersangka kasus dugaan korupsi Hambalang Deddy Kusdinar dari Rumah Tahanan KPK sebelum menahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng. Deddy merupakan Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dijerat sebagai tersangka pertama Hambalang.

Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan bahwa Deddy dipindahkan ke Rumah Tahanan Polres Jakarta Selatan siang tadi. "Siang tadi tersangka DK (Deddy Kusdinar) sudah dipindahkan atau dititipkan ke Rutan Polres Jaksel, jadi sekarang AAM (Andi) ditahan di Rutan KPK," kata Johan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/10/2013).

Menurut Johan, pihaknya sengaja memisahkan tempat penahanan Deddy dan Andi. Pemisahan ini, katanya, dilakukan karena dua orang merupakan tersangka dalam kasus yang sama sehingga dikhawatirkan dapat bersinggungan jika ditempatkan dalam satu rutan.

Di samping itu, kata Johan, kapasitas rutan KPK yang memang terbatas. "Kapasitas ruangan rutan di Gedung KPK terbatas. Sampai hari ini ada 13 tahanan," ujarnya.

KPK menahan Deddy di Rutan KPK pada 13 Juni 2013. Deddy yang merupakan mantan anak buah Andi itu ditetapkan sebagai tersangka Hambalang sekitar Juli 2012. Melalui penyidikan perkara Deddy, KPK akhirnya menetapkan Andi sebagai tersangka sekitar Desember 2012.

Menyusul setelah Andi, KPK menetapkan mantan petinggi PT Adhi Karya Teuku Bagus Muhammad Noor sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.