Kompas.com - 01/10/2013, 19:05 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorCaroline Damanik


JAKARTA, KOMPAS.com —
Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan meminta fraksi lain di Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat tidak perlu lagi mempermasalahkan penetapan Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III oleh DPP Demokrat. Hingga saat ini, DPP masih tetap mempertahankan Ruhut sebagai calon Ketua Komisi Hukum itu.

Syarief menilai tidak adil jika keputusan partainya dipersoalkan. Pasalnya, kata dia, pergantian atau penetapan pimpinan di komisi lainnya, termasuk di Komisi III, selama ini tidak pernah dipersoalkan.

KOMPAS.com/Indra Akuntono Ruhut Sitompul


"Kalau mau adil, you tanya dong kenapa pimpinan Komisi I si ini, Komisi II si ini, Komisi IV si ini. Jangan tanya kasus per kasus, lihat secara keseluruhan. Tidak fair kalau hanya tanya Komisi III kalau mau dipersoalkan. Itu kan masalah hak Fraksi Demokrat," kata Syarief di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Syarief menambahkan, pihaknya tidak minta toleransi dari fraksi lain lantaran penetapan Ketua Komisi III hak Demokrat. Kalau dulu kita bisa sama-sama, kenapa sekarang malah ribut? kata dia.

Hingga saat ini, kata Syarief, tidak ada perubahan penetapan Ketua Komisi III. Hanya, Syarief mengakui bahwa pihaknya memiliki opsi lain jika ternyata nantinya Ruhut tetap tidak bisa dilantik sebagai Ketua Komisi III.

"Banyak jalan ke Roma. Kita lihat saja nanti," tutur Menteri Koperasi dan UKM itu.

Seperti diberitakan, internal Komisi III menolak Ruhut menjadi ketua dengan berbagai alasan. Akhirnya, pelantikan yang sedianya digelar pekan lalu terpaksa ditunda untuk memberi kesempatan Demokrat mempertimbangkan penunjukkan Ruhut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.