Kampus, Ujung Tombak Pemberantasan Korupsi

Kompas.com - 30/09/2013, 19:05 WIB
Ilustrasi korupsi GANI KURNIAWANIlustrasi korupsi
EditorHindra Liauw

BANTEN, KOMPAS.com - Bakal calon presiden Ali Masykur Musa mengatakan, kampus dapat berkontribusi menjadi salah satu ujung pemberantasan korupsi di Indonesia. Beberapa hal yang bisa diupayakan kampus, antara lain, melakukan kaderisasi generasi antikorupsi, menanamkan ideologi antikorupsi, serta memberikan pelatihan audit bagi para sivitas akademika.

"Kampus adalah ujung tombak pengkaderan generasi anti korupsi. Kemurnian ilmu yang diajarkan, kebebasan ekspresi, dan gairah berorganisasi mahasiswa bisa menjadi wahana meningkatkan kepemimpinan dan integritas mereka sebagai generasi muda,”" kata Ali dalam siaran pers, Senin (30/9/2013).

Ali, yang juga Ketua Umum Ikatan Sarjana NU, mengatakan, kampus dapat menjadi tempat penggodokan generasi muda sehingga mereka memiliki kualitas kepemimpinan dan integritas tinggi kepada bangsa. Sehingga kelak, ketika mereka terjun ke dunia masyarakat, mereka dapat menjadi agen sekaligus pelopor perang melawan korupsi.

Ia pun kembali mengingatkan bahwa korupsi adalah tindak kejahatan luar biasa. Korupsi telah menghambat pembangunan, melanggengkan kemiskinan, serta merampas hak seluruh anak bangsa untuk sejahtera bersama.

Pemberantasan korupsi, lanjutnya, bukan hanya kewajiban pemerintah. Ia mengajak semua komponen bangsa untuk bersama-sama memerangi korupsi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X