Kompas.com - 24/09/2013, 15:25 WIB
Menteri PAN & BR, Azwar Abubakar memberikan keterangan pers kepada para wartawan di Kementerian PAN & BR, Jakarta, Senin (12/8/2013). Ia meminta PNS untuk meningkatkan disiplin, kinerja, serta melakukan penghematan anggaran. KOMPAS.COM/FIANMenteri PAN & BR, Azwar Abubakar memberikan keterangan pers kepada para wartawan di Kementerian PAN & BR, Jakarta, Senin (12/8/2013). Ia meminta PNS untuk meningkatkan disiplin, kinerja, serta melakukan penghematan anggaran.
Penulis Ihsanuddin
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai cara dilakukan demi terwujudnya pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil 2013 yang bersih dan bebas dari praktik kecurangan. Salah satunya adalah dengan pengamanan soal tes CPNS. Kini, soal tes CPNS yang masih dalam bentuk digital telah dienkripsi dengan sandi khusus. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara untuk melakukan pengamanan.

"Di flashdisk ini, sudah ada soal CPNS yang dienkripsi dengan sandi-sandi khusus," kata Menpan-RB Azwar Abubakar di Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Menurut Azwar, flashdisk tersebut tidak akan bisa dibuka oleh sembarang orang. Pengamanan secara ekstra akan diterapkan saat soal-soal itu dalam proses pencetakan. Setelah soal dicetak dalam bentuk kertas, Azwar juga menjamin keamanan soal-soal tersebut.

Dalam proses distribusi, Kemenpan-RB telah bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti Kepolisian Republik Indoneisa (Polri), Badan Intelijen Negara (BIN), serta Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Jadi setelah dicetak tetap terjaga juga keamanannya," lanjut Azwar.

Dengan sistem pengamanan soal ini, ia berharap dapat tercipta pelaksanaan rekrutmen CPNS yang bersih.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.