Kompas.com - 17/09/2013, 22:55 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengaku sudah meminta agar pengamanan di semua museum di Indonesia ditingkatkan. Hal itu diminta Nuh dalam pertemuan dengan semua kepala museum pada Senin (16/9/2013) malam.

"Saya katakan kita harus lebih waspada terhadap aset kita. Ini kan aset yang tidak bisa dirupiahkan. Kita harus jaga dengan baik," kata Nuh di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/9/2013).

Nuh mengakui tetap masih ada pengelola museum yang nakal. Untuk itu, menurut dia, perlu juga ada perubahan manajemen museum. Ia berjanji akan ada perbaikan ke depan.

Terkait pencurian di Museum Nasional atau dikenal dengan Museum Gajah, Nuh meminta publik menunggu hasil penyelidikan kepolisian. "Nanti kalau kami sendiri yang selidiki, kamu enggak percaya," seloroh dia.

Seperti diberitakan, Museum Nasional kembali kebobolan. Empat artefak yang terbuat dari emas peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-10 Masehi dicuri. Keempat artefak itu terletak di dalam satu lemari kaca yang berada di Ruang Kasana lantai dua.

Catatan Masyarakat Advokasi Warisan Budaya, Museum Gajah sudah lima kali dibobol maling. Kali pertama terjadi pada tahun 1960-an oleh kelompok yang dipimpin oleh Kusni Kasdut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.