Kompas.com - 11/09/2013, 21:48 WIB
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com — Target perolehan suara Partai Demokrat masih jauh di bawah PDI Perjuangan. Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan bahwa sampai akhir tahun ini, Demokrat hanya membidik 15 persen.

"Sampai Desember (2013) 15 persen," kata Syarief di sela-sela acara pengarahan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada peserta konvensi di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (11/9/2013) malam.

Namun, Syarief tak memberikan jawaban mengenai target partainya dalam perolehan suara pada 2014. Ia tetap yakin Partai Demokrat mampu mendapatkan jumlah suara jauh dari angka yang ditargetkan.

"Pengalaman kita pada 2009 juga 15 persen, tapi kita dapat 21 persen," ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil rapat kerja nasional (rakernas), PDI Perjuangan membidik perolehan suara dalam Pemilihan Legislatif 2014 sebesar 27,02 persen. Jumlah tersebut dikatakan berdasarkan perhitungan yang matang.

"Berkaitan dengan target pemenangan pemilihan legislatif, PDI Perjuangan menargetkan perolehan suara sebesar 27,02 persen atau 152 kursi DPR RI," kata Puan saat membacakan hasil Rakernas PDI Perjuangan di Jakarta, Minggu (8/9/2013).

Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini menegaskan, target besar yang dibidik pihaknya sesuai dengan Undang-Undang Pemilihan Presiden yang menyatakan ambang batas minimal mengusung calon presiden adalah memperoleh 20 persen suara dalam pemilihan legislatif.

"Penetapan target ini berdasarkan kalkulasi yang matang dan variabel penting," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.