Menurut LKP, Deklarasi Wiranto-HT Dongkrak Elektabilitas Hanura

Kompas.com - 02/09/2013, 18:02 WIB
Calon presiden dan wakil presiden yang diusung Partai Hanura Wiranto (kiri) dan Hary Tanoesoedibjo saat acara deklarasi capres-cawapres dari Partai Hanura di Jakarta, Selasa (2/7/2013). Sebelum diusung sebagai cawapres Partai Hanura, Hary Tanoesoedibjo sempat bergabung dengan Partai NasDem yang dipimpin Surya Paloh.  TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Calon presiden dan wakil presiden yang diusung Partai Hanura Wiranto (kiri) dan Hary Tanoesoedibjo saat acara deklarasi capres-cawapres dari Partai Hanura di Jakarta, Selasa (2/7/2013). Sebelum diusung sebagai cawapres Partai Hanura, Hary Tanoesoedibjo sempat bergabung dengan Partai NasDem yang dipimpin Surya Paloh.
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Lembaga Klimatologi Politik (LKP) Usman Rachman mengatakan, elektabilitas Partai Hanura terdongkrak menyusul deklarasi Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo (HT) sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung pada Pemilihan Presiden 2014. Menurut Usman, elektabilitas Hanura pada Mei 2013 hanya sebesar 6,3 persen mendadak naik menjadi 10,9 persen pascadeklarasi tersebut.

"Partai Hanura kini bersaing ketat dengan Gerindra memerebutkan posisi ketiga dan keempat dalam ranking elektabilitas partai jelang 2014," kata Usman, dalam sebuah diskusi politik, di Jakarta, Senin (2/9/2013).

Usman mengungkapkan, selain mendongkrak elektabilitas Hanura, deklarasi Ketua Umum DPP Partai Hanura Wiranto-HT juga mengangkat posisi Wiranto dalam persaingan calon presiden perioden 2014-2019. Menurut LKP, elektabilitas Wiranto sebagai calon presiden telah mencapai 18,5 persen.

Dengan capaian tersebut, Wiranto berhasil melewati tingkat keterpilihan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (15,4 persen) meski masih berada di bawah elektabilitas kader PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) yang mencapai 19,6 persen bila pemilihan presiden dilakukan hari ini.


"Popularitas Hary Tanoe juga ikut terdongkrak. Pada Mei 2013 publik yang mengenal Hary Tanoe masih di bawah 45 persen, kini melonjak menjadi 72,6 persen," ujarnya.

Seperti diberitakan, pasangan Wiranto-Hary Tanoesoedibjo telah mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung Partai Hanura dalam Pemilihan Presiden 2014. Deklarasi pasangan ini digelar pada Selasa (2/7/2013), di Hotel Mercure, Jakarta Pusat.

Survei LKP dilakukan pada 12-18 Agustus 2013 di 33 provinsi dengan mengambil sampel sebanyak 450 responden melalui multistage random sampling. LKP mengklaim ambang kesalahan dari survei tersebut sekitar 4,6 persen dengan level kepercayaan 95 persen. Para responden merupakan mereka yang berusia di atas 17 tahun atau telah menikah. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara via telepon dengan berpedoman pada kuisioner.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X