PKB Masih Optimistis Khofifah Menang

Kompas.com - 30/08/2013, 21:33 WIB
Khofifah Indar Parawansyah, saat kampanye di GOR Ken Arok Kota Malang, Minggu (18/82013). KOMPAS.com/Yatimul AinunKhofifah Indar Parawansyah, saat kampanye di GOR Ken Arok Kota Malang, Minggu (18/82013).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil hitung cepat pemungutan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) menunjukkan pasangan calon yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) menempati urutan kedua dalam perolehan angka.

Meskipun demikian, PKB masih optimistis pasangan itu menang dan akan menjadi Gubernur Jatim periode 2013-2018.

"Ya, itu sementara (hasil hitung cepat). Laporan dari daerah, kami (memperoleh) 42 persen (suara). Itu di quick count baru 38 persen. Ya, kami masih optimis lah," tukas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam keterangan persnya di Gedung II Nahdlatul Ulama, Jakarta, Jumat (30/8/2013) malam.

Dia mengatakan, tidak ada pihak yang sudah bisa memastikan perolehan suara setiap kandidat Pilgub Jatim. Jadi, katanya, Khofifah belum dipastikan kalah. Ia menganggap, hasil penghitungan cepat yang disampaikan beberapa lembaga survei hanya informasi semata dan bukan hasil tetap.


"Selagi informasinya hanya quick count, kami hanya menanggap itu informasi semata. Basisnya hanya sampling bukan faktual," tutur Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu.

Untuk itu, tegas dia, PKB akan terus mengawal proses penghitungan suara. Harapannya, kata dia, tidak ada manipulasi suara dan tidak satu pun suara yang mendukung Khofifah hilang.

"Faktualnya ini akan kami kawal terus, sehingga tidak ada satu pun suara yang hilang, manipulasi tidak terjadi," katanya.

Politisi yang akrab disapa Cak Imin itu meminta semua kader PKB, terutama di wilayah Jatim untuk mengawal rekapiltulasi suara mulai dari tingkat tempat pemungutan suara (TPS), panitia pemungutan suara (PPS) di kelurahan, panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan di komisi pemilihan umum (KPU) tingkat kabupaten. "Terus sampai kabupaten masing-masing, dan kami terus menghitung," tegas Muhaimin.

Hasil hitungan cepat atas Pilgub Jatim Kamis (29/8/2013) yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menempatkan pasangan Khofifah-Herman (Berkah), pada peringkat kedua. Pasangan itu merebut 37,76 persen dari total sampel suara yang digunakan di 350 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Jawa Timur.

Perolehan itu selisih sekitar 10 persen dengan peringkat pertama, pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) yang meraih 47,95 persen suara. Pasangan nomor urut 3 yang diusung PDI Perjuangan, Bambang DH-Said Abdullah (Bangsa) meraih 11,05 persen suara. Sedangkan pasangan perseorangan Eggi Sudjana-M Sihat (Beres) yang hanya mendapat 2,38 persen suara.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X