Kompas.com - 27/08/2013, 15:56 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komite Konvensi calon presiden Partai Demokrat Effendi Gazali menyatakan, dana Konvensi Partai Demokrat sudah harus diumumkan sebelum 15 September 2013. Keputusan tersebut diambil dari hasil diskusi ketika Komite melakukan prakonvensi dengan peserta Anies Baswedan.

"Jadi dalam diskusi prakonvensi tadi, sudah didiskusikan juga kalau dana Konvensi Partai Demokrat ini sudah harus diumumkan sebelum 15 September 2013," kata Effendi.

Pengumuman itu, menurut Effendi, termasuk informasi donatur dan besaran sumbangan yang diberikannya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Anies. "Di dalam tadi saya sempat menanyakan berapa dan darimana dana untuk konvensi ini, semuanya harus transparan," kata Anies.

Selama ini, Partai Demokrat masih belum buka-bukaan terkait dana konvensi. Wakil Ketua Komite Konvensi Taufiequrachman Ruki mengaku belum tahu sumber dana pembiayaan konvensi yang diperkirakan mencapai Rp 50 miliar.

Komite juga belum menerima dana dari Partai Demokrat. Sementara itu, sejumlah petinggi Partai Demokrat, seperti Ketua Harian Syariefuddin Hasan dan Sekretaris Majelis Tinggi Jero Wacik, hanya mengatakan, dana penyelenggaraan konvensi berasal dari sumber-sumber yang halal dan tak akan membebani peserta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.