Kompas.com - 23/08/2013, 16:17 WIB
Mantan Ketua Umum DPP Demokrat Anas Urbaningrum KOMPAS.com/Sandro GatraMantan Ketua Umum DPP Demokrat Anas Urbaningrum
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com — Pendukung bekas pimpinan Partai Demokrat, Ma'mun Murod Al-Barbasy, mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi menuntaskan skandal Hambalang sebelum Pemilu 2014. Anas, kata Ma'mun, siap menghadapi kasus Hambalang.

Hal ini disampaikan oleh Ma'mun saat peluncuran bukunya yang berjudul "Anas Urbaningrum: Tumbal Politik Cikeas" di Warung Daun, Menteng, Jakarta, Jumat (24/8/2013). "Kalau perlu sebelum 2014, supaya ada kesempatan untuk bisa ikut pemilu," ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan Investigatif tahap II terkait proyek Hambalang. Dalam laporan tersebut, BPK menyimpulkan telah terjadi penyimpangan dalam proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut yang menyebabkan kerugian negara senilai Rp 463,67 miliar.

Terkait kasus tersebut, Anas ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Anas diduga menerima pemberian hadiah atau janji saat dia menjabat sebagai anggota DPR. Hadiah tersebut diduga berupa mobil Toyota Harrier dan hadiah lainnya yang belum diungkapkan oleh KPK.

Selain itu, KPK juga sedang mendalami keterkaitan antara penyelenggaraan Kongres Partai Demokrat pada tahun 2010 dan gratifikasi yang diduga diterima Anas. Diduga, ada aliran dana BUMN kongres tersebut untuk memenangkan Anas Urbaningrum sebagai ketua umum Partai Demokrat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.