PAN: Kasus Impor Sapi Tak Ganggu Pencapresan Hatta

Kompas.com - 22/08/2013, 20:35 WIB
Menko Perekonomian Hatta Rajasa KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOMenko Perekonomian Hatta Rajasa
|
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan optimistis, kasus dugaan suap kuota impor sapi tak mengganggu pencapresan Hatta Rajasa. Bara yakin Ketua Umum DPP PAN itu tak terkait dalam skandal kasus tersebut.

"Tidak terganggu, soalnya tidak ada bukti bahwa Pak Hatta terlibat dalam kasus itu, atau membantu PT Indoguna mendapatkan jatah," kata Bara dalam jumpa pers rapat kerja nasional PAN, di Jakarta Convention Center, Kamis (22/8/2013).

Bara menyampaikan, terkait kemunculan nama Hatta dalam persidangan kasus impor daging bisa jadi bertujuan fitnah. Menurutnya, tudingan itu tak mendasar dan mentah. "Setiap orang bisa saja mengklaim kenal orang, kenal pejabat, banyak orang seperti itu. Kalau tidak ada keterlibatan langsung dari Hatta, maka tidak ada kesalahan hukum," ujarnya.

Sebelumnya, Hatta yang juga Menteri Koordinator Perekonomian menyatakan dirinya mulai gerah lantaran namanya berkali-kali disebut dalam persidangan kasus suap kuota impor daging sapi. Hatta mengaku mulai mempertimbangkan untuk melayangkan tuntutan karena dirinya merasa dirugikan.

"Sekarang saya pertimbangkan untuk menuntut orang itu (Elizabeth)," kata Hatta di Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Dengan tegas Hatta mengatakan sama sekali tak mengerti mengapa dirinya dikaitkan dalam kasus itu. Menurutnya, semua dilakukan hanya karena ada pihak yang ingin memerasnya.

"Seribu persen saya tidak mengenal Elizabeth. Saya tidak pernah berbicara apapun soal itu. Menurut saya hanya makelar-makelar saja, mencatut (nama) orang untuk memeras," ujarnya.

Untuk diketahui, Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman berkali-kali menyebut nama Hatta saat bersaksi untuk terdakwa kasus dugaan korupsi kuota impor daging, Luthfi Hasan Ishaaq, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta. Bahkan dalam sidang terungkap Elizabeth menjuluki Hatta sebagai "The White Hair Man".

Nama Hatta muncul dalam nota pembelaan salah satu tersangka kasus ini, yaitu Direktur PT Indoguna Utama Juard Effendi. Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Perbenihan Indonesia Elda Deviane Adiningrat, sebagai kolega dari PT Indoguna Utama, mencantumkan nama Hatta Rajasa untuk mengurus penambahan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X