Dikritik, Sejumlah Calon Peserta Konvensi Demokrat!

Kompas.com - 21/08/2013, 21:45 WIB
Partai Demokrat HENDRA A SETYAWANPartai Demokrat
|
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Konvensi calon presiden Partai Demokrat sudah menjaring sejumlah nama. Beberapa di antaranya adalah kepala daerah. Kehadiran kepala daerah yang kini langsung dijagokan menjadi calon presiden itu pun mengundang tanda tanya dari internal partai.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengingatkan komite konvensi untuk memilih kandidat yang benar-benar mumpuni menjadi capres. "Kami kan bukan cari gubernur atau ketua partai, tapi yang datang kan orang ini. Mana mungkin bisa dipercaya orang?" ujar Max saat dihubungi Rabu (21/8/2013).

Sebelumnya, komite konvensi menerima 26 nama usulan Majelis Tinggi Partai Demokrat dan juga komite konvensi. Dari 26 nama itu, ada beberapa nama kepala daerah seperti Bupati Kabupaten Kutai Timur Isran Noor. Ada pula Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih. Selain dua nama itu, muncul pula nama Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Menurut Max, jika nama-nama itu disaring dalam lembaga survei, maka orang akan menganggap komite bekerja tidak profesional dalam menjaring calon. "Mungkin hanya untuk memenuhi kuota saja (keberadaan calon dari daerah), karena mereka bukan (berkapasitas) capres kan?" imbuh anggota Komisi I DPR ini.

Max mempertanyakan prestasi-prestasi para kepala daerah itu. Menurut Max, mengelola daerah tidak sama dengan mengelola negara. Ia menilai sosok capres haruslah seorang negawaran.

"Kami harapkan komite benar-benar bisa bekerja mencari Presiden bukan Ketua Partai," ucapnya lagi.

Pada malam ini, komite konvensi Partai Demokrat kembali menggelar rapat pleno. Rapat pleno diagendakan untuk melacak jejak rekam 26 calon yang sudah masuk ke komite konvensi. Komite kemudian akan melakukan voting untuk menentukan kandidat yang akan diundang untuk melakukan tatap muka dengan komite konvensi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X