Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikritik, Sejumlah Calon Peserta Konvensi Demokrat!

Kompas.com - 21/08/2013, 21:45 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Konvensi calon presiden Partai Demokrat sudah menjaring sejumlah nama. Beberapa di antaranya adalah kepala daerah. Kehadiran kepala daerah yang kini langsung dijagokan menjadi calon presiden itu pun mengundang tanda tanya dari internal partai.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengingatkan komite konvensi untuk memilih kandidat yang benar-benar mumpuni menjadi capres. "Kami kan bukan cari gubernur atau ketua partai, tapi yang datang kan orang ini. Mana mungkin bisa dipercaya orang?" ujar Max saat dihubungi Rabu (21/8/2013).

Sebelumnya, komite konvensi menerima 26 nama usulan Majelis Tinggi Partai Demokrat dan juga komite konvensi. Dari 26 nama itu, ada beberapa nama kepala daerah seperti Bupati Kabupaten Kutai Timur Isran Noor. Ada pula Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih. Selain dua nama itu, muncul pula nama Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Menurut Max, jika nama-nama itu disaring dalam lembaga survei, maka orang akan menganggap komite bekerja tidak profesional dalam menjaring calon. "Mungkin hanya untuk memenuhi kuota saja (keberadaan calon dari daerah), karena mereka bukan (berkapasitas) capres kan?" imbuh anggota Komisi I DPR ini.

Max mempertanyakan prestasi-prestasi para kepala daerah itu. Menurut Max, mengelola daerah tidak sama dengan mengelola negara. Ia menilai sosok capres haruslah seorang negawaran.

"Kami harapkan komite benar-benar bisa bekerja mencari Presiden bukan Ketua Partai," ucapnya lagi.

Pada malam ini, komite konvensi Partai Demokrat kembali menggelar rapat pleno. Rapat pleno diagendakan untuk melacak jejak rekam 26 calon yang sudah masuk ke komite konvensi. Komite kemudian akan melakukan voting untuk menentukan kandidat yang akan diundang untuk melakukan tatap muka dengan komite konvensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com