Sumber Kekayaan Moeldoko, Istri Anak Orang Kaya dan Dinas Luar Negeri

Kompas.com - 21/08/2013, 17:27 WIB
KOMPAS.com/Indra Akuntono Jenderal TNI Moeldoko

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon Panglima TNI Jenderal Moeldoko membeberkan sumber kekayaan yang dimilikinya. Menurutnya, semua kekayaan yang dimilikinya berasal dari sumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Seusai menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI, Moeldoko menjelaskan bahwa penghasilannya meningkat setelah dirinya sering menjalankan tugas ke luar negeri. Moeldoko mendapatkan 125 dollar AS dalam satu hari tugas ke luar negeri.

"Kan besar itu," kata Moeldoko, Rabu (21/8/2013) sore.

Lebih jauh, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menuturkan, kekuatan finansialnya semakin kokoh karena dirinya menikahi seorang perempuan yang berasal dari keluarga kaya. Setelah pernikahan itu, Moeldoko diminta untuk fokus menjalankan tugas di TNI oleh orangtua dari istrinya tersebut.


"Alhamdulillah saya dapat istri anak orang kaya, kalau saya dikasih orangtua saya harta warisan kan boleh saja, masa tidak boleh? Mertua saya pesan, 'Kamu jangan mikirin yang lain, pikirin tugas dengan sebaik-baiknya, semua kita akan beresi'. Alhamdulillah kan itu," ujar suami dari Koesni Harningsih ini.

Diberitakan sebelumnya, total harta kekayaan milik Jenderal Moeldoko yang tercatat dalam dokumen pengumuman laporan harta kekayaan penyelenggara negara di Komisi Pemberantasan Korupsi lebih dari Rp 36 miliar. Catatan kekayaan dilakukan pada 25 April 2012 saat Moeldoko menjadi Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional.

Jumlah itu terdiri dari harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan sebesar Rp 22,133 miliar, harta bergerak berupa alat transportasi mobil Toyota Land Cruiser senilai Rp 1,7 miliar, peternakan Rp 1,2 miliar, serta logam mulia dan batu mulia senilai Rp 4,6 miliar. Harta bergerak lain berupa giro sebesar Rp 2,8 miliar dan 450.000 dollar Amerika Serikat (sekitar Rp 4,5 miliar). Moeldoko memiliki utang Rp 300 juta.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorCaroline Damanik
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X