Guruh: Jokowi Belum Saatnya Jadi Capres!

Kompas.com - 16/08/2013, 14:59 WIB
Joko Widodo alias Jokowi, menjawab pertanyaan wartawan saat berkunjung ke Kantor Redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta, Sabtu (31/3/2012).  KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESJoko Widodo alias Jokowi, menjawab pertanyaan wartawan saat berkunjung ke Kantor Redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta, Sabtu (31/3/2012).
|
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi PDI Perjuangan, Guruh Soekarnoputra, menilai Joko Widodo belum saatnya maju dalam Pilpres 2014. Hal ini menyusul adanya ajakan dari Partai Demokrat untuk memasukkan nama Jokowi dalam peserta konvensi.

"Kalau menurut saya, belum saatnya buat Jokowi," ujar Guruh seusai acara Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Ke-68 Proklamasi di depan Sidang Bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Meski demikian, Guruh mempersilakan Jokowi mempertimbangkan usulan Partai Demokrat. "Kalau dia diajak sana-sini, ya silakan. Tapi tergantung Jokowi," imbuh putra proklamator Soekarno ini.

Saat ditanyakan lebih lanjut apakah PDI Perjuangan rela jika Jokowi maju sebagai capres dari partai lain, Guruh enggan berkomentar. "Kalau itu tanyakan kepada Ketum (Megawati)," katanya singkat.

Demokrat lirik Jokowi

Jokowi hingga kini masih menjadi juara di sejumlah survei tentang elektabilitas calon presiden. Namun, PDI Perjuangan masih belum menentukan sikapnya apakah akan mengusung Jokowi. Alhasil, sejumlah partai pun mulai mendekati Jokowi. Sebut saja Partai Golkar, Partai Gerindra, dan terakhir Partai Demokrat.

Partai Demokrat yang akan mengadakan konvensi capres pada Agustus 2013 ini sudah memasukkan nama Jokowi dalam daftar calon peserta konvensi yang akan diundang. Salah satu sumber dari Komite Konvensi Partai Demokrat mengungkapkan, mayoritas anggota komite konvensi sepakat bahwa Jokowi masuk dalam daftar peserta konvensi. Namun, hal tersebut menunggu persetujuan dari Jokowi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X