Investigasi Kemenhuk dan HAM: Petugas Lapas dan Warga Binaan "Nyabu" Bareng

Kompas.com - 15/08/2013, 13:56 WIB
Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin saat melakukan inspeksi di Lapas Cipinang, Jakarta, Selasa (6/8/2013). KOMPAS.COM/ROBERTUS BELARMINUSMenteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin saat melakukan inspeksi di Lapas Cipinang, Jakarta, Selasa (6/8/2013).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhuk dan HAM) menemukan adanya warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Cipinang, Jakarta, yang masih dapat menggunakan narkoba dalam lapas. Mereka juga terbukti pernah mengonsumsi sabu bersama oknum regu pengamanan lapas.

"Terbukti bahwa warga binaan dapat mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu secara bersama di blok-blok. Bahkan, warga binaan kadang mengonsumsi sabu dengan oknum petugas regu pengamanan," ungkap Menhuk dan HAM Amir Syamsuddin di kantornya, Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Amir mengatakan, ada lima petugas regu pengamanan yang terbukti mengonsumsi sabu. Kelimanya juga mengakui perbuatannya. Selain itu, berdasarkan tes urine, tiga petugas regu pengamanan terbukti mengonsumsi zat amfetamin.

Menurut Amir, masuknya narkotika ke lapas karena pengawasan yang rendah.

"Pengawasan barang yang masuk ke lapas masih sangat minim. Terbukti tidak dilakukan pemeriksaan terhadap barang-barang yang masuk," kata Amir.

Sebelumnya, dalam sidak yang dilakukan Amir dan Direktorat IV Tindak Pidana Narkotika Polri, ditemukan serbuk red fosfor (prekusor sabu) serta mesin pencetak pil ekstasi di bengkel napi.

Dalam sidak itu, Polri juga mengamankan satu orang petugas staf keamanan Lapas berinisial G dan tiga orang napi, yakni AS, HS, dan V.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X