Jika Rudi Tersangka, Wakil Kepala SKK Migas Ambil Alih

Kompas.com - 14/08/2013, 14:41 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik KOMPAS/HERU SRI KUMOROMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHindra Liauw


JAKARTA, KOMPAS.com
- Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Johanes Widjonarko akan menjalankan tugas Kepala SKK Migas jika Rudi Rubiandini ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Hal itu dikatakan Menteri ESDM Jero Wacik seusai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (14/8/2013), menyikapi penangkapan Kepala SKK Migas Rudi.

Jero mengatakan, peralihan kepemimpinan kepada Wakil Kepala SKK Migas itu berdasarkan Pasal 6 ayat 3 Peraturan Menteri ESDM Nomor 9 tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja SKK Migas. Bunyi aturan tersebut, yakni dalam hal kepala berhalangan tetap, wakil kepala menjalankan tugas dan fungsi kepala sampai dengan diangkat pejabat definitif.

"Kalau nanti sudah jelas dari KPK apa (kasusnya), terus jelas status Pak Rudi, maka ini yang bisa dilakukan. Kepala SKK Migas dinonaktifkan, wakil kepala melaksanakan tugas sebagai kepala," kata Jero.


Jero mengatakan, pemerintah menyikapi penangkapan Rudi sama dengan ketika menyikapi pembubaran Badan Pengelola Migas. Instruksi Presiden, industri migas tidak boleh terganggu dengan penangkapan Rudi. Dengan demikian, kata dia, semua investor dan pengusaha di bidang migas tenang.

"Kira-kira begitu cara berpikir kami agar industri migas, produksi migas jangan terganggu," pungkas Jero.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X