DPR: Memprihatinkan, "Rising Star" Dunia Migas Ditangkap KPK

Kompas.com - 14/08/2013, 09:15 WIB
Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana KOMPAS.com/Indra AkuntonoKetua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Sutan Bhatoegana mengaku prihatin dengan penangkapan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Rudi Rubiandini oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa (13/8/2013) malam. Menurut dia, Rudi sebagai "rising star" di bidang minyak dan gas semestinya memberi contoh bagi banyak pihak.

"Kami tentu turut prihatin tentang kejadian ini karena banyak harapan kami kepada Ketua SKK migas ini sebagai seorang 'rising star' yang dengan keahlian dan kepiawaiannya di dalam mengelola migas kita," ujar Sutan melalui pesan singkat yang diterima wartawan, Rabu (14/8/2013).

Sutan berharap penangkapan Rudi bisa menjadi pelajaran sangat berharga untuk dunia migas. Para pelaku usaha migas, lanjut Sutan, diminta tetap mengedepankan profesionalitas agar dunia bisnis migas Indonesia dapat berkembang dengan baik ke depan.

Seperti diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap Rudi dan dua orang dari pihak swasta berinisial S dan E, Selasa malam. Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan, total orang yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan ini berjumlah 7 orang.

Dalam penggeledahan yang langsung digelar setelah penangkapan, di antara barang bukti yang disita KPK terdapat uang tunai 400.000 dollar AS. "Turut diamankan barang bukti sebesar 400.000 dollar dan sejumlah (barang bukti) lainnya," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto melalui pesan singkat, Rabu (14/8/2013).

Uang tersebut diduga sebagai bagian dari suap yang diberikan kepada Rudi. Belum diketahui terkait apa uang suap yang diterima Rudi tersebut. Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas mengungkapkan, Rudi kini diperiksa secara intensif di Gedung KPK.

Penangkapan dilakukan di Jalan Brawijaya VIII, Jakarta Selatan, yang merupakan kediaman Rudi. Kepala SKK Migas yang sebelumnya merupakan Wakil Menteri ESDM ini adalah profesor di Institut Teknologi Bandung.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X