Mendagri: Aceh Sepakat Ganti Lambang dan Bendera Aceh

Kompas.com - 02/08/2013, 19:15 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi BUDI FATRIAMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHindra Liauw


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, hasil perundingan selama ini, Pemerintah Aceh beniat mengganti lambang dan bendera Aceh. Menurutnya, ada tim gabungan yang membahas pergantian tersebut.

"Memang ada semangat untuk mengubah lambang itu. Jadi nanti ada kemungkinan lambang baru," kata Gamawan di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Gamawan mengatakan, tim gabungan akan diisi dari unsur pemerintah pusat dan pihak Aceh. Tim akan bekerja selama dua bulan untuk membuat lambang Aceh yang baru.

Seperti diberitakan, Pemerintah pusat menilai Qanun (peraturan daerah) Nomor 3 tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh melanggar UU Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh dan PP Nomor 77 tahun 2002 lantaran mirip lambang separatis Gerakan Aceh Merdeka.

Pemerintah Aceh menganggap Bendera dan Lambang Aceh bukan lambang serapartis. Pemerintah pusat sudah berkali-kali bertemu dengan pemerintah daerah dan DPR Aceh untuk membicarakan masalah tersebut.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X