Apakah Ada Larangan Perempuan Shalat Berjemaah di Masjid?

Kompas.com - 29/07/2013, 15:52 WIB
Umat Muslim melaksanakan shalat tarawih di Masjid At-Taqwa, Banda Aceh, Senin (8/7/2013) malam.  SERAMBI/BUDI FATRIAUmat Muslim melaksanakan shalat tarawih di Masjid At-Taqwa, Banda Aceh, Senin (8/7/2013) malam.
EditorInggried Dwi Wedhaswary

Pertanyaan:
Apakah perempuan boleh ikut shalat berjemaah di masjid? karena saya pernah tahu kalau di sebuah masjid, saya lupa masjid mana, perempuan dilarang ikut shalat berjemaah. Terima kasih.

Rayhan Aulia Prakoso, 16 tahun

Jawaban:
Saudara Rayhan Aulia Prakoso,

Berikut adalah beberapa hadis yang membolehkan perempuan melaksanakan shalat berjemaah di masjid.

Aisyah RA kata, "Mereka wanita-wanita mukminah menghadiri shalat subuh bersama Rasulullah SAW. Mereka berselimut dengan kain-kain mereka. Kemudian para wanita itu kembali ke rumah-rumah mereka setelah selesai shalat tanpa ada seorang pun yang mengenali mereka karena masih gelap," (HR Bukhari dan Muslim).

Ummu Salamah RA berkata, "Di masa Rasulullah SAW, para wanita yang ikut hadir dalam shalat berjemaah. Setelah selesai salam mereka segera bangkit meninggalkan masjid pulang kembali ke rumah mereka. Sementara Rasulullah SAW dan jemaah laki-laki tetap diam di tempat mereka sekadar waktu yang diinginkan Allah SWT. Apabila Rasulullah SAW bangkit, bangkit pula kaum laki-laki tersebut." (HR Bukhari dan Muslim).

Ada beberapa syarat apabila istri Anda akan shalat berjemaah di masjid. Pertama, shalat di masjid bersama suami atau atas izin suami. Kedua, tidak meninggalkan kewajiban sebagai istri. Ketiga, tidak memakai perhiasan berlebihan. Keempat, tidak bercampur baur dengan laki-laki. Kelima, tidak memakai wewangian yang berlebihan dan menarik perhatian. Apabila di rumah ada anak perempuan atau saudara perempuan, shalat berjemaah di rumah lebih baik.

Anda dapat berkonsultasi kepada Dr H Setiawan Budi Utomo di sini. Anda juga dapat membaca pertanyaan dan jawaban yang telah ditayangkan di liputan khusus Ramadhanmu 2013.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X