Kompas.com - 28/07/2013, 06:55 WIB
|
EditorErvan Hardoko
JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik mengungkapkan bahwa panitia konvensi nantinya sebagian besar akan diisi oleh tokoh-tokoh independen.

"Sebagian besar calon panitia konvensi ini adalah orang independen, tokoh-tokoh  yang kami anggap kredibel, punya reputasi, orang-orang baik," ujar Jero seusai menghadiri buka puasa bersama di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (27/7/2013) malam.

Dia mengatakan, dalam acara buka puasa bersama yang tertutup bagi wartawan itu turut dihadiri 16 calon panitia konvensi. Menurut Jero, acara buka puasa itu kemudian digunakan Ketua Majeliis Tinggi PD Susilo Bambang Yudhoyono untuk memberi penjelasan tentang konvensi sekitar pukul 20.00 WIB.

"Diundang (calon panitiia) dan dijelaskan apa yang akan dilakukan dalam konvensi Partai Demokrat," terangnya.

Namun Jero enggan mengungkap 16 nama calon panitia konvensi yang diundang ke kediaman Presiden RI itu. Jero menjelaskan, 16 orang tersebut terdiri dari sembilan orang dari eksternal partai dan tujuh orang dari internal partai.

"Orang luarnya tokoh-tokoh. Secara resmi belum kita umumkkan," katanya.

Seperti diketahui, Partai Demokrat tengah membentuk Komite Konvensi untuk menjalankan seluruh proses seleksi capres. Nantinya, Komite Konvensi akan diisi dari kader Demokrat dan independen.

Ada sejumlah nama yang disebut bakal diusulkan menjadi anggota komite konvensi. Diantaranya rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, pengamat politik Tjipta Lesmana, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshidique.

Sementara itu, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Ahmad Mubarok mengatakan bahwa jumlah anggota komite konvensi Partai Demokrat akhirnya menjadi 18 orang. 

Sedangkan Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, sudah ada nominasi untuk para calon anggota komite. Rencananya nama-nama tersebut akan diumumkan pekan depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.