Kompas.com - 20/07/2013, 16:37 WIB
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum akan menghentikan sementara seluruh proyek pembangunan dan perbaikan jalan pada hari ketujuh sebelum (H-7) Lebaran. Proyek akan kembali dilanjutkan pasca-Lebaran setelah arus balik menurun.

"Semua bentuk penanganan jalan, baik perawatan, perbaikan, dan pembangunan jalan, sudah selesai pada H-7 Lebaran. Akan lanjut lagi setelah Lebaran," ujar Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Direktor Jenderal Bina Marga Kemen PU dalam diskusi bertema "Peliknya Manajemen Mudik" di Cikini, Jakarta, Sabtu (20/7/2013).

Ia mengatakan, agar jalan-jalan tersebut dapat digunakan menjelang Lebaran, pengerjaannya akan dilakukan bagian per bagian dan tidak diselesaikan hingga rampung sempurna. "Misalnya, kalau jalannya harus dibuat tiga lapis, kita selesaikan di lapis kedua dulu. Atau kalau seharusnya dua lapis, ya satu lapis dulu. Pengecoran dilakukan setelah Lebaran," jelasnya.

Dia menjamin, jalan tetap dapat dipakai dan tidak mengancam keselamatan meskipun baru diselesaikan sebagian. Ia menampik anggapan di mana pemerintah selalu melakukan pembangunan jalan baru menjelang Lebaran. Ia mengatakan, pengerjaannya proyek baru dimulai pada Maret karena proses lelang baru dilakukan pada Januari hingga Februari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.