Konsultasi: Ada Makanan ”Nyelip” di Gigi, Batalkah Puasa?

Kompas.com - 18/07/2013, 16:37 WIB
Hindari makanan yang terlalu berlemak ketika berbuka puasa SHUTTERSTOCKHindari makanan yang terlalu berlemak ketika berbuka puasa
EditorInggried Dwi Wedhaswary

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Wr Wb

Jika kita puasa, di dalam mulut masih tersisa makanan di sela-sela gigi. Kemudian, tidak sengaja kita menelannya. Apakah itu membuat puasa batal? Terima kasih.

Ratna Karitka, 17 tahun

Jawaban:

Wa’alaikumsalam Wr Wb
Saudari Kartika,

Menurut Imam Syafi’i, salah satu hal yang membatalkan puasa adalah menelan dahak atau sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi, atau sesuatu yang sulit dihindari, seperti debu jalanan, serangga yang berterbangan, dan lalat. Namun, apabila dilakukan tanpa sengaja, insya Allah masih termasuk kejadian yang dimaafkan.

Akan lebih baik apabila setelah sahur dibiasakan melakukan siwak atau gosok gigi sebagai tanda kehati-hatian kita menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Wallahua’lam.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X