Konsultasi: Punya Kos-kosan yang Bayarnya "Nyicil", Bagaimana Zakat Malnya?

Kompas.com - 16/07/2013, 10:14 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

Pertanyaan:
Assalaamu'alaikum. Ustada, Alhamdulillah saya punya tempat/kamar kost yang saya sewakan per tahun. Tetapi, pembayarannya biasa dicicil tiap 6 bulan oleh penyewa. Yang saya tanyakan, sebaiknya atau yang paling baik pembayaran zakat malnya diberikan kepada yang berhak itu dicicil juga (maksudnya, bayar zakat ketika penyewa membayar sewa) atau kita kumpulkan dulu setelah semuanya lunas 1 tahun, baru kita serahkan zakat malnya?

Dardi Darusman, 45 tahun

Jawaban:
Waalaikumsalam wr.wb.

Saudara Dardi Darusman,

Zakat kontrakan atau kost-kost-an dalam fiqh zakat dikategorikan ke dalam zakat investasi.     Zakat ini dikenakan terhadap harta yang diperoleh dari hasil investasi. Sebagian ulama Hanbali menganalogikan zakat investasi ke dalam zakat perdagangan, dengan persentase 2,5 % dan nishab 85 gram serta sampai haul (1 tahun).


Sebagian ulama Maliki seperti Ibnu Masud, Ibnu Abbas, dll menganalogikannya ke dalam zakat harta, ditunaikan ketika menerima pembayaran kontrakan. Ulama-ulama kontemporer, seperti Abu Zahrah, Abdul Wahab Kholaf, dan Yusuf Qordhowi, menganalogikannya ke dalam zakat pertanian yaitu dikeluarkan saat menerima pembayaran tanpa memasukkan unsur modal dengan tarif 5 % untuk penghasilan kotor dan 10 % untuk penghasilan bersih. Wallahu a'lam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.