Idrus: Ada Kesepakatan Politik Ical-Surya Paloh - Kompas.com

Idrus: Ada Kesepakatan Politik Ical-Surya Paloh

Kompas.com - 12/07/2013, 20:34 WIB
DIAN MAHARANI Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh berbincang-bincang dengan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical di Kantor DPP Partai Nasdem, Rabu (10/9/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham mengakui ada kesepakatan politik dalam pembicaraan antara Ketua Umum DPP Golkar Aburizal Bakrie alias Ical dan Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh. Hanya, kata Idrus, perlu ada pembahasan lanjutan untuk mencapai kesepakatan tersebut.

"Pertemuan itu pasti memiliki arti politik. Di samping karena persahabatan (Ical-Surya), tentu ada pembicaraan ke depan. Ini baru awal. Perlu berkali-kali bertemu untuk mencapai kesepakatan-kesepakatan itu," kata Idrus seusai acara buka puasa bersama di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Jumat (12/7/2013) malam.

Hal itu dikatakan Idrus ketika dimintai tanggapan pertemuan Ical-Surya saat acara buka puasa bersama di Kantor DPP Nasdem beberapa waktu lalu.

Idrus berpendapat, melihat latar belakang Surya yang lama di Golkar, sudah semestinya Surya memilih berkoalisi dengan Golkar. Hanya, pihaknya juga akan terus berkomunikasi dengan parpol lain.


"Kita harus komunikasi dengan siapa saja. Kita mengalir saja komunikasi karena kita yakin Indonesia tidak akan berhasil kalau dikuasai satu golongan. Karena itu, kita komunikasi dengan Demokrat, PDI-P, Nasdem, PPP, PKS, semua kita lakukan apa pun posisi politik kita," kata Idrus.

Ketika ditanya apakah komunikasi menyangkut calon wakil presiden yang akan mendampingi Ical di Pilpres 2014, Idrus menjawab belum ada pembicaraan tersebut dengan parpol lain. Berdasarkan hasil Rapimnas Golkar tahun 2012, Ical diberi kewenangan menetapkan sendiri pendamping.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorHindra Liauw

Close Ads X