Kompas.com - 10/07/2013, 19:12 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan memberikan bantuan kepada seluruh korban gempa di Aceh yang rumahnya rusak. Yang rusak berat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 40 juta, rusak sedang Rp 20 juta, dan rusak ringan Rp 10 juta.

"Nanti akan ada penilaian kategori, apakah struktur rumah tersebut masuk kategori rusak berat, sedang, atau ringan," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha di Jakarta, Rabu (10/7/2013), seusai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari lokasi gempa di Aceh.

Julian mengatakan, dalam masa tanggap darurat ini, pemerintah masih fokus pada kebutuhan di pengungsian, seperti pangan, selimut, dan obat. Setelah tanggap darurat selesai, anggaran untuk pembangunan rumah akan dikucurkan.

"Presiden menekankan bantuan logistik diutamakan. Saudara kita yang ada di pengungsian mengharapkan demikian. Mudah-mudahan tidak ada kekurangan logistik di penampungan," kata Julian.

Julian menambahkan, Presiden juga sudah meminta tim SAR untuk mencari seluruh korban yang masih hilang. Jika ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, Presiden meminta korban dimakamkan secara pantas.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan, dari data terakhir, sebanyak 6.178 rumah rusak berat, 3.061 rusak sedang, dan 6.789 rusak ringan. Selain itu, sebanyak 28 puskesmas rusak berat, 1 rusak sedang, dan 10 rusak ringan. Data tersebut masih akan disempurnakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.