Gempa 6,1 SR Kembali Guncang Wilayah Sumatera

Kompas.com - 06/07/2013, 13:13 WIB
Pusat gempa di Kepulauan Mentawai (tanda bintang). www.bmkg.go.idPusat gempa di Kepulauan Mentawai (tanda bintang).
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com — Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Sumatera yang berkekuatan sebesar 6,1 skala Richter dengan pusat gempa di laut, 149 km tenggara Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Dalam situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sabtu (6/7/2013), disebutkan pusat gempa berada di kedalaman 36 km, dengan koordinat 3.41 LS dan 100.26 BT. Gempa terjadi pada pukul 12.05 WIB.

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan sehubungan dengan gempa tersebut. Guncangan dilaporkan terasa hingga ke wilayah Padang, Painan, dan Muko-muko.

Sementara sebagaimana dilaporkan oleh AFP, US Geological Survey mencatat gempa yang mengguncang wilayah tersebut berkekuatan 6,4 skala Richter.

Gempa itu terjadi hanya beberapa hari setelah gempa melanda wilayah Aceh, yang menewaskan sejumlah penduduk dan membuat ribuan warga kehilangan tempat tinggal mereka.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X