Kompas.com - 04/07/2013, 17:32 WIB
Sidarto Danusubroto (tengah), bersama Ketua Fraksi PDI Perjuangan di MPR Yasona Laoly dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan di MPR Ahmad Basarah saat berfoto bersama seusai jumpa pers pelantikan Sidarto sebagai Ketua MPR, di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (4/7/2013). KOMPAS.com/Indra AkuntonoSidarto Danusubroto (tengah), bersama Ketua Fraksi PDI Perjuangan di MPR Yasona Laoly dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan di MPR Ahmad Basarah saat berfoto bersama seusai jumpa pers pelantikan Sidarto sebagai Ketua MPR, di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (4/7/2013).
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertanyaan besar mengenai sosok pengganti almarhum Taufiq Kiemas sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) terjawab sudah. Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akhirnya menunjuk Sidarto Danusubroto untuk menggantikan suaminya di MPR.

Dari sisi usia, Sidarto jauh lebih tua dibanding Taufiq Kiemas yang wafat di usia 70 tahun. Saat ini Sidarto hampir berusia 78 tahun. Ia lahir di Pandeglang, Banten, pada 11 Juni 1936.

Masa muda Sidarto banyak dilalui di dunia kepolisian. Sejumlah jabatan bergengsi pernah diembannya. Beberapa di antaranya adalah menjadi ajudan Presiden Soekarno (1967-1968), Kadispen Polri (1975-1976), dan Kapolda Jawa Barat (1988-1991). Selain itu, Sidarto juga sempat menjadi Kepala Interpol (1976-1982), dan Anggota DPR RI (1999-2014).

Penunjukkan Sidarto sebagai Ketua MPR disampaikan Megawati kepada Pimpinan MPR di kediaman pribadinya, di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, pada Kamis (4/7/2013). Hadir juga di kediaman Megawati, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan di MPR Yasona Laoly.

Sidarto akan meneruskan masa tugas Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR sampai tahun 2014. Penetapan Sidarto sebagai Ketua MPR diperkuat oleh Surat Pimpinan MPR nomor MJ020/1/2013 tanggal 19 Juni 2013 tentang pemberitahuan nama pengganti Ketua MPR yang ditandatangani oleh 4 Wakil Ketua MPR, yaitu Hajriyanto Y Thohari, Melani Leimina, Ahmad Farhan Hamid, dan Lukman Hakim Saifuddin. Surat tersebut diantar langsung oleh Pimpinan MPR kepada Fraksi PDIP di MPR pada Kamis (4/7/2013) siang.

Ketua Fraksi PDIP di MPR Yasona Laoly dan Sekretaris Fraksi PDIP di MPR Ahmad Basarah juga ikut menandatangani surat tersebut untuk meneruskan Surat Keputusan DPP PDIP tertanggal 3 Juli 2013 nomor 3981/in/dpp/VII/2013 perihal instruksi Ketua MPR yang menetapkan Sidarto Danusubroto untuk meneruskan Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR. Acara pelantikan rencananya digelar pada Jumat (5/7/2013) besok. Namun kemudian diundur ke Senin, 8 Juli mendatang.

Ahmad Basarah menjelaskan kesepakatan menggelar pelantikan Ketua MPR RI pada 5 Juli 2013 diperoleh dari hasil rapat gabungan antara Pimpinan MPR, Pimpinan Fraksi di MPR, dan kelompok anggota MPR. Hal itu diperkuat dengan Tata Tertib MPR Pasal 83 Ayat 2 yang mengatur bahwa Ketua MPR yang ditetapkan harus mengucapkan sumpah di depan Pimpinan MPR, Pimpinan Fraksi, dan kelompok anggota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senior yang aktif

Basarah menggambarkan Sidarto sebagai sosok politisi senior yang energik. Meski usianya sudah mendekati delapan dasawarsa, dia masih aktif. Sidarto juga sangat dihormati di internal partai.

"Pak Darto ini biasa kita panggil 'Opa'. Usianya 77 tapi casing-nya masih 60 tahun," kata Basarah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.