Presiden Minta Kedubes RI di Mesir Siap jika Perlu Evakuasi WNI

Kompas.com - 04/07/2013, 15:46 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. SUZANNE PLUNKETT / POOL / AFPPresiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Penulis Sandro Gatra
|
EditorCaroline Damanik


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta perwakilan Indonesia di Mesir siap mengantisipasi jika keadaan di Mesir semakin memburuk. Perwakilan RI di Mesir harus siap jika proses evakuasi warga Indonesia perlu dilakukan. Hal itu disampaikan Presiden kepada Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

"Tadi pagi Presiden menerima Menlu. Intinya pemerintah ingin Kemenlu, dalam hal ini Kedubes kita di Mesir, untuk siap mengantisipasi segala kemungkinan, termasuk kemungkinan terburuk kalau sampai terjadi evakuasi," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Julian mengatakan, keputusan evakuasi WNI diserahkan sepenuhnya kepada perwakilan RI di Mesir. Hanya, pemerintah berharap semua WNI di Mesir tidak terlibat urusan politik Mesir dan menghindari tempat-tempat perkumpulan massa.

"Sejauh ini keadaannya cukup kondusif untuk WNI di sana. Kita update terus dan akan dilaporkan kepada Presiden," kata Julian.

Julian menambahkan, Pemerintah Indonesia berharap perubahan politik di Mesir berjalan dengan damai dan aman. Jika penggulingan Muhammad Mursi sah secara konstitusi Mesir, kata Julian, maka Pemerintah Indonesia tentu mengakui dan mendukung.

Seperti diberitakan, militer Mesir akhirnya menggulingkan presiden pertama negara itu yang dipilih secara demokratis, Muhammad Mursi, Rabu (3/7/2013) malam. Ketua Mahkamah Agung Mesir ditunjuk sebagai pemimpin sementara.

Beberapa jam setelah mengumumkan kejatuhan Mursi, militer membatalkan konstitusi dan menunjuk Ketua MA Mesir sebagai Presiden sementara. Mursi kini ditahan di Gedung Kementerian Pertahanan.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X