KPK Periksa Kepala UKP4 Terkait Dugaan Suap Pajak Master Steel

Kompas.com - 03/07/2013, 11:17 WIB
Kuntoro Mangkusubroto. KOMPAS/LUCKY PRANSISKAKuntoro Mangkusubroto.
Penulis Icha Rastika
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi menjadwalkan pemeriksaan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto sebagai saksi dalam kasus dugaan suap kepengurusan masalah pajak PT The Master Steel, Rabu (3/7/2013).

“Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DS (Diah Soembedi),” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha di Jakarta.

Hingga pukul 11.00 WIB, Kuntoro belum tampak di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta. Belum diketahui persis apa yang diketahui Kuntoro mengenai kasus dugaan penyuapan kepada dua pegawai pajak, Mohamad Dian Irwan dan Eko Darmayanto, tersebut.

Sebelumnya, pengacara Diah, Tito Hananta, mengatakan, pihaknya akan mengajukan sejumlah saksi meringankan untuk Diah dan dua Manajer PT The Master Steel Effendi Komala, dan Teddy Mulyana yang ditetapkan sebagai tersangka. Dari sejumlah nama yang diajukan kepada KPK tersebut, ada nama Kuntoro dan Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany.

Tim pengacara Diah juga mengajukan nama Kepala Kanwil Pajak Jakarta Timur Haryo Damar, serta konsultan pajak PT The Master Steel Ruben Hutabarat dan Ngadiman untuk diperiksa sebagai saksi yang dianggap dapat meringankan para tersangka.

Dalam kasus ini, Diah bersama-sama Effendi dan Teddy diduga menyuap dua pegawai pajak, Eko dan Mohamad Dian Irwan terkait penanganan masalah pajak PT The Master Steel. Perusahaan baja tersebut diduga menunggak pembayaran pajak sekitar Rp 120 miliar. Terkait penyidikan kasus ini, KPK telah memeriksa Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Didiek Darmanto sebagai saksi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X