Kompas.com - 26/06/2013, 14:12 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary
JAKARTA, KOMPAS.com — Seseorang yang belum diketahui identitasnya menghilang saat penyerangan terhadap anggota Batalyon 753 di Jigonikme, Distrik Ilu, Papua. Dia merupakan kenek dari sopir yang mengantar anggota TNI tersebut.

"Keneknya masih belum ada kabar. Pelaku juga masih dalam upaya pengejaran," demikian disampaikan Kabid Humas Polda Papua I Gede Sumerta Jaya melalui pesan singkat, Rabu (26/6/2013).

Seorang kenek tersebut diduga berhasil melarikan diri saat penyerangan itu. Dia diharapkan melapor untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Dalam penyerangan yang terjadi pada Selasa (25/6/2013) sekitar pukul 14.00 itu, dua orang tewas. Keduanya ialah anggota Batalyon 753 Letda I Wayan Sukarta dan sopirnya Tono. I Wayan mengalami luka tembak pada bagian kepala dan tulang kering kaki kanan. Selain itu, ia juga mengalami luka bacok pada bahu kanan, paha kanan, dan luka gores pada pipi kiri. Wayan meninggal dunia di lokasi.

Adapun Tono mengalami luka bacok pada kepala bagian belakang dan luka bacok pada punggung. Sementara itu, dua orang anggota lainnya, yaitu Prada Andi dan Prada Supiyoko, berhasil selamat. Penyerangan terjadi tepatnya dekat jembatan di Jalan Trans Kabupaten Puja dan Kabupaten Tolikara atau sekitar 8 km dari Ilu. Mereka diserang oleh kelompok bersenjata dalam perjalanan pulang dari kunjungan atau silahturahim ke Kepala Kamp Jigonikme, Distrik Jigonikme, Kabupaten Puja, Papua.

Pelaku diduga berjumlah tujuh orang yang membawa senjata laras panjang dan sempat terjadi baku tembak saat itu. Andi dan Supiyoko kemudian meminta bantuan ke Pos Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Bantuan akhirnya datang sekitar pukul 16.00 WIT, tetapi nyawa I Wayan dan Tono sudah tak tertolong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.