Kompas.com - 24/06/2013, 22:53 WIB
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaaq, diketahui berbulan madu dengan istri mudanya yang baru berumur 19 tahun, Darin Mumtazah Ziad, ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada akhir tahun 2012. Menurut surat dakwaan Luthfi yang dibacakan dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (24/6/2013), tiket perjalanan Luthfi, Darin, dan keluarga Darin dibiayai Ahmad Fathanah.

"Tiket Malaysia Airlines pergi pulang Jakarta-Kuala Lumpur-Jakarta seharga 3.819 dollar Amerika Serikat tanggal keberangkatan 25 Desember dan 27 Desember atas nama terdakwa, Fathanah, Darin Mumtazah Ziad, Mufidah Salim Attamimi, dan Ziad Hisyam Baladja," kata Jaksa Rini Triningsih.

Luthfi dan Darin disebut menikah sekitar Desember 2012. Pernikahan keduanya tidak tercatat dalam kantor urusan agama karena Darin masih dianggap di bawah umur. Selain membayari tiket bulan madu Luthfi dan Darin, Fathanah diketahui membayari perjalanan lain Luthfi ke luar negeri yang berlangsung pada Desember 2012.

Menurut dakwaan, Fathanah membayarkan tiket pesawat Jakarta-Kuala Lumpur seharga 2.384 dollar AS untuk tanggal keberangkatan pada 7 Desember 2012. "Atas nama terdakwa (Luthfi), Fathanah, Shamil Gadzhima, dan Aizzah Jundana," kata jaksa.

Fathanah juga membayarkan tiket Jakarta-Kuala Lumpur seharga 1.964 dollar AS atas nama Luthfi, dia sendiri, Shamil Gadzhima, Aizzah Jundana pada keberangkatan 7 Desember 2013. Kemudian tiket tujuan Jakarta dari Kuala Lumpur seharga 1.028 dollar AS.

"Tanggal keberangkatan 9 Desember atas nama terdakwa, Fathanah, Shamil Gadzhima, Aizzah Jundana," tambah jaksa. Adapun total tiket perjalanan ke luar negeri Luthfi yang dibayarkan Fathanah sepanjang Desember 2012, menurut dakwaan, senilai 9.375 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.