Polri Siapkan Pengamanan Jelang Kenaikan BBM

Kompas.com - 21/06/2013, 15:28 WIB
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian Republik Indonesia melakukan Operasi Dian untuk mengamankan situasi menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pengamanan dilakukan untuk antisipasi aksi unjuk rasa kembali terjadi hingga penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

"Sasaran utama mengamankan reaksi masyarakat atas kenaikan BBM bersubsidi. Kedua, pengawasan, penindakan penyimpangan, atau penyalahgunaan BBM bersubsidi. Juga mengamankan penyaluran bantuan, " terang Deputi Operasi Polri Irjen Badrodin Haiti di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2013).

Badrodin mengatakan, Operasi Dian sudah berjalan sejak tanggal 10 Juni 2013 dan dilaksanakan hingga satu bulan. Adapun anggota yang diturunkan sekitar 32.000 personel. Anggota Polri juga disiapkan untuk mengamankan setiap SPBU.

"Diharapkan semuanya bisa berjalan aman dan lancar. Tidak hanya nanti malam. Dari kemarin sudah dilakukan pengawasan," katanya.

Terkait aksi unjuk rasa yang memakan korban luka, Badrodin mengatakan, polisi memiliki prosedur penanganan unjuk rasa. Evaluasi pun dilakukan pihak internal Polri jika ada tindakan di luar prosedur. Namun, untuk demonstran yang bertindak anarkistis, polisi tetap melakukan penanganan sesuai penegakan hukum.

"Itu sudah ada prosedur penanganan unras, yang menyimpang dari prosedur ada pemeriksaan internal di kita, tapi yang melanggar hukum juga harus ditindak. Ini kan ada yang sudah ditangkap dan diproses secara hukum dan ditahan," terangnya.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X