Kompas.com - 20/06/2013, 00:38 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Berbagai pihak mengaitkan dukungan Partai Golkar terhadap rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan keputusan pemerintah yang menganggarkan dana untuk penanganan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur. Bagaimana tanggapan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical?

Ical membantah ada deal tertentu, khususnya terkait lumpur Lapindo dalam pembahasan APBN Perubahan 2013. "Enggak ada. Golkar mendukung (APBN-P 2013) untuk kepentingan rakyat," kata Ical di Jakarta, Rabu (19/6/2013) malam.

Ical mengatakan, tidak mungkin anggaran untuk penanganan lumpur Lapindo dalam APBN-P 2013 ada tanpa persetujuan DPR. Jadi, kata Ical, anggota DPR pasti tahu soal anggaran tersebut. Dalam APBN-P 2013 pemerintah mengalokasikan dana penanggulangan lumpur Lapindo sebesar Rp 155 miliar.

Ical menganggap wajar adanya anggaran tersebut. Pasalnya, Lapindo hanya bertanggung jawab pada penggantian tanah dan bangunan milik warga yang berada di peta terdampak. "Di luar peta terdampak pasti tanggung jawab pemerintah," pungkas Ical.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.