Kompas.com - 18/06/2013, 10:43 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengaku akan mengawal dan mengawasi proses penyaluran dana kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pihaknya mengharapkan dana kompensasi tersebut tetap tepat sasaran.

Ketua Fraksi PDI-P Puan Maharani mengatakan, pihaknya ingin agar dana kompensasi ini lekas diberikan ke masyarakat yang sudah terdata, dan diberikan maksimal pada Oktober 2013, sesuai dengan program yang telah direncanakan.

"Kami akan pastikan program kompensasi BBM ini bisa berjalan dan terealisir kepada orang-orang miskin yang telah terdata atau orang yang dimiskinkan akibat kebijakan tersebut. Kami juga akan awasi jangan sampai program ini hanya sebuah program amal (charity)," kata Puan saat ditemui di Gedung DPR Jakarta, Senin (17/6/2013) malam.

Seperti diberitakan, melalui mekanisme voting, Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan 2013 (RAPBNP 2013) akhirnya disahkan menjadi Undang-Undang APBNP 2013. Hal ini sekaligus memastikan bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan naik, yang diikuti oleh pemberian bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). 

"Kami akan tetap konsisten menyuarakan suara rakyat. Ini bukan soal menang atau kalah, melainkan bahwa kami akan tetap bersama rakyat meski pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. Paling tidak program kompensasi ini harus diberikan maksimal pada Oktober 2013," tambahnya.

Puan khawatir bila program ini disalahartikan sebagai kampanye menjelang Pemilu 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.