Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Jamin Orang Miskin Tak Bertambah

Kompas.com - 17/06/2013, 21:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Chatib Basri menjamin tidak akan bertambah empat juta orang miskin di Indonesia kalau harga BBM bersubsidi naik. Menurut Chatib, dengan adanya Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), masyarakat yang terkena dampak kenaikan harga BBM bersubsidi bisa dibantu.

"Dengan kenaikan harga BBM, penduduk miskin baru akan bertambah empat juta orang, itu kalau tidak ada kompensasi," ujar Chatib di Gedung DPR, Senin (17/6/2013).

Chatib menjelaskan, BLSM akan diberikan kepada 15,5 juta kepala keluarga. Dalam hitungannya, setiap rumah tangga ada empat orang, jadi total masyarakat yang mendapat bantuan sekitar 62,5 juta orang. "Dengan ini angka kemiskinan tidak ada peningkatan," tegas Chatib.

Saat ini DPR masih melakukan lobi untuk menyepakati postur APBN Perubahan 2013, di mana dalam rancangan APBN tersebut anggaran BLSM dimasukkan. Hingga sekarang ada empat fraksi yang menolak postur APBN Perubahan, yakni Hanura, Gerindra, PDI-P, dan PKS.

Dalam rancangan APBN Perubahan 2013, anggaran untuk BLSM mencapai Rp 27,9 triliun. Dengan anggaran tersebut, BLSM akan diberikan selama empat bulan secara berturut-turut untuk 15,5 juta kepala keluarga. (Adiatmaputra Fajar Pratama/Tribunnews)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com