Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo BBM, Mahasiswa di Polewali Berjalan Jongkok

Kompas.com - 17/06/2013, 18:35 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Aksi penolakan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) terus bermunculan di berbagai daerah.

Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Pemerhati Masyarakat Miskin (Fotimakin) menggelar aksi unjuk rasa di jalur lintas barat Sulawesi, Senin (17/6/2013) sore tadi.

Para mahasiswa menyandera mobil tangki dan berjalan jongkok dari kampus menuju lapangan dekat rumah dinas Bupati Polewali Mandar. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk penolakan atas rencana kenaikan pemerintah menaikkan harga BBM.

Dalam unjuk rasa, mahasiswa sempat memberhentikan truk tangki pertamina yang kebetulan melewati lokasi aksi unjuk rasa. Pedemo kemudian naik ke atas tangki dan berorasi. Mahasiswa menilai, kenaikan harga BBM merupakan bentuk ketidakkreatifan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dalam menangani defisit anggaran dan subsidi BBM yang terus meningkat.

Seusai menggelar orasi, mahasiswa kemudian mempersilakan mobil tangki melanjutkan perjalanan. Sementara itu, pedemo melanjutkan aksi jalan jongkok dari kampus ke lapangan Pancasila yang hanya berjarak beberapa meter dari rumah jabatan Bupati Polewali Mandar.

Para mahasiswa menyatakan akan terus melakukan aksi turun ke jalan sampai pemerintah menyatakan membatalkan rencana menaikkan harga BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com