Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Mahasiswa Macetkan Jalur Jogja-Solo

Kompas.com - 17/06/2013, 15:23 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com — Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta turun ke jalan menolak rencana pemerintah untuk menaikan harga bahan bakar minyak, Senin (17/6/2013).

Peserta aksi sebelumnya mengumpulkan massa di depan kampus mereka dengan menggelar orasi dan mengajak  mahasiswa yang lain untuk bergabung dalam aksi. Mahasiswa mengungkapkan kegeraman terhadap pemerintah pada spanduk yang bertuliskan, "tidak ada alasan harga BBM naik, BBM naik = perang".

Dalam orasinya, mahasiswa menganggap kebijakan kenaikan BBM hanya akan menambah kesengsaraan warga miskin karena beban ekonomi yang semakin berat. Kenaikan harga BBM dipastikan juga akan memicu kenaikan harga kebutuhan pokok lainnya. Oleh karena itu, mahasiswa menolak kenaikan BBM.

Setelah berorasi, mahasiswa berjalan menuju pertigaan Jalan Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, yang merupakan jalur utama Jogja-Solo. "Kita berjuang bersama rakyat untuk menolak kenaikan BBM,karena kebijakan tersebut hanya akan membuat beban hidup rakyat kecil semakin berat," kata Suci Nur Afiffah, koordinator aksi, pada Senin (17/6/2013).

Aksi sempat membuat jalur Jogja-Solo tersendat. Petugas kepolisian tampak tidak begitu ketat mengawal aksi tersebut. Lebih kurang satu jam, peserta aksi dari mahasiswa UMS tersebut mencari bus jurusan Solo untuk bergabung dengan aksi menolak BBM di Bundaran Gladag, Solo, pada hari yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com