Kompas.com - 17/06/2013, 14:17 WIB
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa dari sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa Indonesia ikut melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR. Penampilan mereka cukup berbeda dibanding dari elemen massa lain, yakni menggunakan topeng.

Topeng tersebut dibuat dari kertas putih, bergambar karikatur wajah dengan kumis. Selain memakai topeng, para mahasiswa yang ikut menolak kenaikan harga BBM bersubsidi itu juga membawa panji.

"Ini sebagai simbol bahwa mahasiswa itu sudah lelah terhadap pemerintah," ujar salah seorang Mahasiswa UI yang ikut berdemo di depan Gedung DPR, Senin (17/6/2013).

Pantauan Kompas.com, mahasiswa-mahasiswa itu kemudian membakar ban bekas tepat di depan pagar gedung DPR RI. Saat api berkobar dari band, mahasiswa dan para pengunjuk rasa menyanyikan lagu-lagu demonstrasi sambil mengibarkan bendera. Mereka tidak peduli dengan rintik-rintik hujan yang jatuh.

Pemerintah telah menyampaikan bahwa menaikkan harga BBM bersubsidi dilakukan untuk penyelamatan keuangan negara. Rencananya, harga premium naik Rp 2.000 menjadi Rp 6.500 per liter, dan harga solar naik Rp 1.000 menjadi Rp 5.500 per liter.  (Rahmat Patutie)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.