Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Bakar Foto SBY

Kompas.com - 15/06/2013, 18:39 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Aksi menolak kenaikan BBB oleh mahasiswa Universitas Muhamadiyah Surakarta berlangsung tegang saat mahasiswa membakar foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono.

Mahasiswa sempat terlibat adu mulut dengan aparat kepolisian yang mencoba mengahalang halangi aksi pembakaran tersebut. Rapatnya barisan dari mahasiswa akhirnya foto orang nomor satu di Indonesia tersebut pun dibakar.

"Aksi membakar foto tadi sebagai bentuk dari kekecewaan kita terhadap pemerintah yang terkesan memaksakan kebijaknnya yang jelas jelas menindas rakyat. Kita mahasiswa menolak kenaikan BBM dan memilih turun ke jalan," kata Wahyu Sutrisno, koordinator aksi kepada wartawan pada Sabtu (15/6/2013).

Aksi yang digelar di Jalan Ahmad Yani Kartasura, tepatnya di pertigaan Pabelan, sempat memacetkan lalu lintas Solo-Jogja. Mahasiswa memblokade jalan sambil melakukan orasi.

Aksi tersebut juga diikuti oleh gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Surakarta, yang mengancam akan menggelar aksi yang lebih besar lagi apabila pemerintah bersukukuh akan menaikan harga BBM. Mahasiswa membagikan pamflet kepada pengendara yang melintas di jalan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com