Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus UNM Dikepung Warga, Ratusan Polisi Dikerahkan

Kompas.com - 14/06/2013, 21:05 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Gedung Phinisi kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) dikepung warga Kota Makassar. Warga menyerang mahasiswa yang bertahan di dalam kampusnya, Jumat (14/6/2013) malam.

Dari arah barat Jalan AP Pettarani, ratusan warga melempari batu ke dalam kampus. Sementara dari arah selatan dan utara kampung, jalan diblokade sekitar 500 personel kepolisian. Dari arah timur, warga Jalan Mappala dan Tidung menghadang mahasiswa yang keluar.

Warga sudah kesal dengan ulah mahasiswa yang menutup jalan selama beberapa hari dalam aksi demonstrasi penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Puluhan mahasiswa pun telah diamankan dan menjadi bulan-bulanan warga. Mahasiswa yang tertangkap sebagian dibawa ke Polrestabes Makassar dan sisanya dilarikan ke RS Bhayangkara akibat luka-luka yang dideritanya.

Pihak rektorat UNM datang setelah bentrokan fisik terjadi hampir empat jam. Pihak rektorat berusaha menenangkan situasi, tetapi mahasiswanya masih saja melempari aparat kepolisian dan warga dari dalam kampus.

Sebelumnya, aksi demonstrasi mahasiswa dengan memblokade Jalan AP Pettarani terjadi sejak pukul 14.00 Wita. Mahasiswa melarang warga melintas di jalur trans-Sulawesi tersebut. Bahkan, mahasiswa mengejar seorang anggota polisi lalu lintas (polantas) dan merusak motornya yang terparkir di depan Hotel Clarion.

Bentrokan mulai terjadi ketika mahasiswa enggan membubarkan diri pada pukul 17.30 Wita. Warga pun mulai menyerang mahasiswa yang kemudian disusul oleh aparat kepolisian yang sudah disiagakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com