Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa di Kendari Bentrok dengan Polisi

Kompas.com - 13/06/2013, 17:20 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com — Aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa Universitas Dayanu Iksanuddin, Baubau, Sulawesi Tenggara, yang menentang rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM, berlangsung ricuh, Kamis (13/6/2013).

Semula, mahasiswa membakar ban bekas dan memblokade jalan serta mencopot rambu-rambu jalan di depan kampus dan persimpangan tugu kirab. Aksi pemblokadean itu dilakukan mahasiswa selama empat jam sehingga polisi terpaksa mengalihkan arus transportasi.

Polisi, yang mengawal aksi, memukul mundur mahasiswa sehingga bentrokan pun terjadi. Mahasiswa kemudian langsung mengamuk dan nyaris terlibat adu jotos dengan sejumlah aparat.

Dalam aksinya, mahasiswa mengecam kebijakan pemerintah yang akan menaikkan harga BBM. Pendemo menyerukan, pemerintah seharusnya melihat kondisi ekonomi di Sulawesi Tenggara. Masih banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Jika harga BBM dinaikkan, penderitaan masyarakat akan semakin bertambah.

Setelah puas melakukan aksinya, mahasiswa membubarkan diri dan berjanji akan melakukan aksi dengan jumlah massa yang lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com