Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Kontras Dijaga 75 Anggota Brimob

Kompas.com - 11/06/2013, 12:42 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi demonstrasi yang dilakukan sekitar 30 orang masa dari Front Pemuda Merah Putih di kantor Kontras, Jalan Borobudur Nomor 14, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2013), dijaga ketat. Sebanyak 75 anggota Brimob dikerahkan untuk mengamankan aksi.

"Saat ini, sudah kita terjunkan 75 orang anggota Brimob, dari Polres Metro Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya," ujar Wakil Kepala Kepolisian Sektor Metro Menteng, Komisaris M Nababan kepada Kompas.com di sela-sela demonstrasi.

Nababan menampik sejumlah personel Brimob itu diterjunkan lantaran adanya indikasi kerusuhan di aksi tersebut. Menurutnya, sejak dimulainya aksi pada pukul 11.10 WIB hingga pukul 12.20, belum ada aktivitas peserta aksi yang mengarah pada tindakan anarkis atau perlawanan aparat.

"Tidak ada, lihat saja kan aman-aman saja. Kini mereka (perwakilan peserta aksi) sedang masuk bertemu orang Kontras, begitu saja," lanjutnya.

Sebelumnya, kedatangan sekitar 30 masa itu untuk mempertanyakan pernyataan Kontras yang mengatakan, aparat TNI berada di balik penembakan liar di kawasan tambang Freeport. Masa aksi mengecam pernyataan itu karena mereka menganggap aksi itu didalangi separatis.

Pantauan Kompas.com pukul 12.20 WIB, tiga orang perwakilan masa aksi diberi kesempatan bertemu dengan petinggi Kontras. Sementara, masa aksi yang lain hanya diperbolehkan berada di luar gerbang sambil melakukan orasi politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com