Kompas.com - 11/06/2013, 12:42 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi demonstrasi yang dilakukan sekitar 30 orang masa dari Front Pemuda Merah Putih di kantor Kontras, Jalan Borobudur Nomor 14, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2013), dijaga ketat. Sebanyak 75 anggota Brimob dikerahkan untuk mengamankan aksi.

"Saat ini, sudah kita terjunkan 75 orang anggota Brimob, dari Polres Metro Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya," ujar Wakil Kepala Kepolisian Sektor Metro Menteng, Komisaris M Nababan kepada Kompas.com di sela-sela demonstrasi.

Nababan menampik sejumlah personel Brimob itu diterjunkan lantaran adanya indikasi kerusuhan di aksi tersebut. Menurutnya, sejak dimulainya aksi pada pukul 11.10 WIB hingga pukul 12.20, belum ada aktivitas peserta aksi yang mengarah pada tindakan anarkis atau perlawanan aparat.

"Tidak ada, lihat saja kan aman-aman saja. Kini mereka (perwakilan peserta aksi) sedang masuk bertemu orang Kontras, begitu saja," lanjutnya.

Sebelumnya, kedatangan sekitar 30 masa itu untuk mempertanyakan pernyataan Kontras yang mengatakan, aparat TNI berada di balik penembakan liar di kawasan tambang Freeport. Masa aksi mengecam pernyataan itu karena mereka menganggap aksi itu didalangi separatis.

Pantauan Kompas.com pukul 12.20 WIB, tiga orang perwakilan masa aksi diberi kesempatan bertemu dengan petinggi Kontras. Sementara, masa aksi yang lain hanya diperbolehkan berada di luar gerbang sambil melakukan orasi politik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.