Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Bertenaga dan Irit BBM

Kompas.com - 10/06/2013, 02:57 WIB

Pieter P Gero

Mobil bermerek Volvo asal Swedia sebelumnya lebih banyak dikenal sebagai mobil sedan dan ”sport utility vehicle” (SUV). Belakangan Volvo melalui PT Volvo Truk Indonesia menawarkan truk. Truk Volvo sudah ada di Indonesia sejak tahun 1980-an. Namun, kini, Volvo juga menawarkan truk UD dan Renault di Indonesia.

Kehadiran Volvo berupa truk bermerek Volvo ataupun bermerek UD dan Renault semakin memperketat peta persaingan pasar truk. Sebelumnya pasar sudah mengenal beberapa truk keluaran Mitsubishi, Hino, dan Mercedes Benz. Belakangan ini muncul sejumlah truk buatan China. Pasar semakin ketat dan padat.

Namun, Presiden dan Chief Executive Officer Volvo Group Global Olof Persson tetap optimistis Volvo punya peluang dengan kinerja mesin tangguh, teknologi tinggi, serta irit bahan bakar minyak (BBM), terutama untuk transportasi dan kegiatan di pertambangan. ”Kami menawarkan efisiensi tinggi dalam transportasi,” ujar Persson. Berikut petikan wawancara dengan Persson, di Jakarta, akhir Mei lalu.

Bisa merinci tujuan ke Indonesia?

Saya datang karena kami sudah melihat dan mengamati sejak lama prospek Indonesia yang sangat baik dan meyakinkan. Kami melihat perkembangan ekonomi dan industrial yang meyakinkan. Saya ke sini juga untuk berjumpa klien Volvo, para pekerja dan mitra kami dari Group Astra. Ini kesempatan yang baik untuk pendekatan emosional saya dengan mereka.

Ekonomi Indonesia tumbuh 6 persen, momentum bagi truk dari Grup Volvo?

Kami lihat, menganalisis, dan yakin perkembangan ekonomi ini akan terus berlanjut karena Indonesia selalu berkembang pesat. Kami pun percaya diri menawarkan truk-truk kami dan alat-alat konstruksi lain yang dapat berkontribusi untuk pembangunan Indonesia ini. Ini rencana jangka panjang kami.

Untuk itu, kami perlu truk dan alat-alat berat yang tepat dengan cara pemasaran yang tepat. Semisal soal truk UD, kini truk UD di Indonesia menjadi pasar nomor dua terbesar setelah Jepang. Jelas Indonesia pasar yang sangat penting. Kini, dengan UD kami ingin memperkenalkan varian baru dari truk UD bagi pasar Indonesia. Kami akan membuktikan komitmen kuat kami untuk melanjutkan bisnis bersama merek UD dan merek Volvo.

Volvo dikenal merek premium, UD bukan, bagaimana strategi Anda?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com