Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taufiq Pernah Jodohkan Dede Yusuf dan Rieke untuk Pilgub Jabar

Kompas.com - 09/06/2013, 11:38 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wafatnya Ketua MPR Taufiq Kiemas menyisakan kedukaan mendalam bagi politisi Partai Demokrat yang juga mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf Macan Effendi.

Dede mengaku masih mengingat apa yang dikatakan almarhum saat bertemu dengannya di kediamannya, Kebagusan Jakarta, menjelang pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat pada akhir 2012 lalu. Pada saat itu, Dede belum memiliki pasangan calon untuk wakil gubernur.

Mengetahui itu, Taufiq secara tegas dan lugas meminta Dede agar berpasangan dengan Rieke Dyah Pitaloka. Menurutnya, untuk PDIP, memenangkan Pilgub Jawa Barat sangat penting karena akan menentukan kemenangan secara nasional.

"Beliau bilang, PDIP tidak mau tiga kali kalah dalam Pilgub Jabar. Oleh karena itu, Pak Taufiq meminta saya sebagai Cagub yang diusung Demokrat, mau berpasangan dengan Rieke dari PDIP sebagai Cawagub. Jika koalisi itu terjadi, Pak Taufiq optimistis Pilgub Jabar bisa dimenangkan," ujar Dede dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/6/2013).

Meski tidak terwujud, lanjut Dede, almarhum Taufiq Kiemas pada saat itu sangat serius untuk membangun koalisi bersama Demokrat-PDIP di Pilgub Jabar. Bahkan, Taufiq sempat mengatakan akan berupaya menemui Presiden SBY selaku Ketua Dewan Pembina Demokrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com