Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2013, 09:27 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengaku, telah mengenal pribadi Taufiq sejak tahun 1996. Saat itu, kata Ganjar, ia sering nongkrong di Kebagusan, kediaman pribadi keluarga Taufiq Kiemas dan istrinya, Megawati Soekarnoputri.

"Saya mengenal beliau sejak tahun 1996. Kami sering nongkrong di Kebagusan," kata Ganjar, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/6/2013).

Ganjar, yang baru terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah ini, mengatakan, Taufiq sering mengungkapkan harapannya pada generasi muda agar selalu membawa pergerakan dan perubahan untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

"Pak Taufiq selalu sharing sama saya. Sampai akhir hayat, beliau punya kondisi spirit yang selalu menyemangati generasi muda," kata Ganjar.

Taufiq wafat, Sabtu (8/6/2013) malam, di Singapura, karena penyakit komplikasi yang selama ini dideritanya. Ia menjalani perawatan di rumah sakit di Singapura sejak Senin (3/6/2013).

Taufiq menjalani perawatan setelah mendampingi Wakil Presiden Boediono meresmikan Monumen Bung Karno dan Situs Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (1/6/2013). 

Ia meninggal dunia pada usia ke-70 tahun. Taufiq meninggalkan seorang istri Dyah Permata Megawati Setyawati atau Megawati Soekarnoputri dan tiga anak yakni Mohammad Rizki Pratama, Mohamad Prananda Prabowo, dan Puan Maharani Nakshatra Kusyala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com