Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2013, 22:55 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sejumlah aktivis lingkungan di Aceh mendeklarasikan sebuah partai lokal baru yang diberi nama Partai Aceh Hijau (PAH). Deklarasi berlangsung di salah satu warung kopi di Banda Aceh, Rabu (5/6/2013).

“Terbentuknya partai ini karena semangat dari aktivis lingkungan di Aceh yang selama ini berjuang dalam melakukan advokasi terhadap lingkungan merasa belum terjawab karena kondisi kebijakan selama ini belum berpihak kepada lingkungan,” kata Efendi, salah satu inisiator pendiri Paratai Aceh Hijau kepada Kompas.com.

Efendi menambahkan, kendaran partai politik lokal ini dianggap perlu dibangan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat lemah terhadap kebijakan lingkungan, sehingga dengan adanya paratai ini  mereka mendapat porsi yang sama dan merata terhadap kesejahteraan dari kebijakan pemerintah.

“Kita akan melakukan suara-suara hijau yang berpihak kepada masyarakat bawah," kata Efendi.

Sementara, menurut Azhar, salah satu pemerhati lingkungan di Aceh, lahirnya Partai Aceh Hijau (PAH) ini bertujuan bukan untuk menjadikan salah satu perserta dalam Pemilu 2014.

“Tujuan utama kami adalah membangun politik hijau dimulai dari tingkat masyarakat yang paling bawah, sehingga nantinya mereka lah yang akan menjelma menjadi manifesto politik yang bisa memengaruhi terhadap kebijakan dan pembangunan Aceh yang hijau ke depan," ungkapnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com