Kompas.com - 05/06/2013, 22:55 WIB
|
EditorFarid Assifa

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sejumlah aktivis lingkungan di Aceh mendeklarasikan sebuah partai lokal baru yang diberi nama Partai Aceh Hijau (PAH). Deklarasi berlangsung di salah satu warung kopi di Banda Aceh, Rabu (5/6/2013).

“Terbentuknya partai ini karena semangat dari aktivis lingkungan di Aceh yang selama ini berjuang dalam melakukan advokasi terhadap lingkungan merasa belum terjawab karena kondisi kebijakan selama ini belum berpihak kepada lingkungan,” kata Efendi, salah satu inisiator pendiri Paratai Aceh Hijau kepada Kompas.com.

Efendi menambahkan, kendaran partai politik lokal ini dianggap perlu dibangan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat lemah terhadap kebijakan lingkungan, sehingga dengan adanya paratai ini  mereka mendapat porsi yang sama dan merata terhadap kesejahteraan dari kebijakan pemerintah.

“Kita akan melakukan suara-suara hijau yang berpihak kepada masyarakat bawah," kata Efendi.

Sementara, menurut Azhar, salah satu pemerhati lingkungan di Aceh, lahirnya Partai Aceh Hijau (PAH) ini bertujuan bukan untuk menjadikan salah satu perserta dalam Pemilu 2014.

“Tujuan utama kami adalah membangun politik hijau dimulai dari tingkat masyarakat yang paling bawah, sehingga nantinya mereka lah yang akan menjelma menjadi manifesto politik yang bisa memengaruhi terhadap kebijakan dan pembangunan Aceh yang hijau ke depan," ungkapnya.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.