Kompas.com - 04/06/2013, 13:39 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Suryo Bambang Sulisto siap mendukung kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi. Bahkan, Kadin meminta agar pemerintah menghapus subsidi untuk BBM.

"Dari dahulu sudah ditegaskan, Kadin minta subsidi untuk BBM dihapuskan. Itu lebih drastis lagi daripada pemerintah," katanya, Selasa (4/6/2013).

Kadin menilai dengan adanya subsidi BBM, negara tidak akan berkembang karena beban tersebut. Lebih lanjut, Suryo menjelaskan anggaran subsidi BBM bisa untuk kepentingan yang lain.

Suryo menambahkan, para pengusaha dan investor tidak akan terkena dampak secara langsung akibat kenaikan harga BBM bersubsidi. Kenaikan harga BBM tak akan memengaruhi kinerja pengusaha.

"Saya kira tidak begitu ada dampak (kenaikan harga BBM bersubsidi), investor tak melihat dari sisi kerugian," ungkap Suryo.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah merencanakan kenaikan harga BBM bersubsidi pada bulan Juni 2013, yakni harga Premium naik menjadi Rp 6.500 per liter dan Solar Rp 5.500 per liter.

Sebagai kompensasi, pemerintah memberikan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) sebesar Rp 150.000 per bulan kepada 15,5 juta rumah tangga sangat miskin selama enam bulan untuk mengatasi dampak inflasi akibat kenaikan harga BBM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah saat ini sedang menggodok alokasi anggaran bantuan langsung sementara masyarakat yang akan dimasukkan ke dalam postur APBN Perubahan 2013. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.