Kompas.com - 04/06/2013, 13:19 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai-partai pendukung pemerintah atau yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan akan menggelar rapat soal rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Selasa (4/6/2013). Rapat akan dilakukan di kediaman Wakil Presiden Boediono.

"Nanti malam ada rapat Setgab di rumah Wapres Boediono," ujar Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Hasrul Azwar di Kompleks Parlemen, Selasa siang.

Hasrul mengatakan, dalam pertemuan itu akan hadir ketua umum partai-partai beserta ketua fraksi dengan agenda utama, yakni menyinkronkan pandangan terkait rencana kenaikan BBM. Rapat akan dimulai pada pukul 19.30.

Rencananya, pemerintah akan menaikkan harga BBM pada awal Juni 2013. Namun, rencana itu akhirnya ditunda hingga minggu ketiga bulan Juni 2013.

Pemerintah dan DPR hingga kini masih menggodok rencana memasukkan dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) ke dalam kerangka APBN-P yang nilainya sekitar Rp 11,6 triliun sebagai konsekuensi dari adanya kenaikan harga BBM.

Rencana kenaikan harga BBM ini masih mengundang pro dan kontra di parlemen. Setidaknya sudah ada empat fraksi yang menolak rencana ini, yakni Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB), Fraksi Partai Hanura, dan Fraksi Partai Gerindra.

Meski PKS menolak, tetapi tetap akan hadir dalam rapat nanti malam. Sekretaris Fraksi PKS Abdul Hakim menuturkan, partainya akan tetap hadir dalam rapat untuk melihat perkembangan pembahasan tentang rencana kenaikan BBM dan sikap Setgab.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami akan dengar konstelasi bagaimana, laporan dari fraksi-fraksi seperti apa. Kan belum tentu juga pemerintah menaikkan harga BBM melihat kondisi yang ada saat ini," kata Hakim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.